Teknik Hacking #05 | Worming, Teknik Sebuah malware Membelah diri

 Ah, kembali lagi di Penting Literasi semuanya. Sudah lama ga upload. Sekali upload bahas Teknik Hacking Lagi. Tenang ajah, jadwal saya balik lagi setiap Sabtu Guys! Stay Tune yah!



A. Apa itu Worm? 


    Apa itu Worm? Worm adalah sebuah kata yang terdiri dari 4 huruf bahas inggris, yang artinya adalah cacing. Dah tau kan? Baik sekian aja untuk hari ini. (Canda).


    Oke serius, worm adalah malware yang mereplikasi dirinya sendiri di banyak komputer, yang dapat menyebabkan jaringan melambat. Setelah worm masuk, ia meninggalkan duplikat dan bergerak tak terhingga.


    Worm mengkonsumsi volume memori yang besar, serta bandwidth. Hal ini menyebabkan server, sistem individu, dan jaringan menjadi kelebihan beban dan tidak berfungsi. Namun worm berbeda dengan virus, karena worm dapat beroperasi sendiri sementara virus membutuhkan komputer host.


Jadi dengan kata lain, worm dengan virus berbeda ya ges yak!


B. Bagaimana cara kerja dari Worm?


    Untuk mendapatkan worm di komputer, worm sering ditransmisikan melalui kerentanan dalam perangkat lunak. Mereka juga dapat dikirim melalui lampiran email atau dalam pesan instan atau email spam. Setelah file dibuka, itu dapat menautkan pengguna ke situs web berbahaya atau dapat mengunduh worm ke perangkat pengguna secara otomatis. Setelah worm ada di perangkat, ia menginfeksi tanpa diketahui pengguna.

    Si cacing ini memiliki kemampuan untuk menghapus dan memodifikasi file. Mereka juga dapat menyuntikkan lebih banyak perangkat lunak berbahaya ke dalam workstation atau perangkat lain. Kadang-kadang, misi utama worm adalah untuk menggandakan dirinya lagi dan lagi hanya untuk memboroskan sumber daya sistem, seperti bandwidth atau ruang hard drive. Cacing juga dapat mencuri data sensitif dan membuka jalan bagi peretas untuk masuk ke komputer dengan memasang pintu belakang yang dapat mereka akses.


C. Jenis - jenis Worm

    Berikut adalah jenis jenis worm yang dibedakan menurut cara penyebarannya :

        1. File Dikirim sebagai Lampiran Email

    Pengguna mengklik file yang dilampirkan ke email dan worm diaktifkan.


        2. Melalui Tautan ke Web atau Sumber Daya FTP

    Ketika pengguna mengklik tautan ke web atau sumber daya File Transfer Protocol (FTP), worm secara otomatis diunduh ke mesin mereka.


        3. Melalui Tautan Dikirim dalam Pesan ICQ atau IRC

    Pesan I Seek You (ICQ) atau IRC dapat berisi tautan ke worm, yang bila diklik, dapat menginstal worm di perangkat pengguna.


        4. Melalui Paket Jaringan

    Paket jaringan dapat menembus ke dalam memori komputer. Pada saat itu, worm diaktifkan, menginfeksi komputer host.


        5. Melalui Jaringan berbagi File Peer-to-Peer (P2P).

             Saat pengguna di jaringan P2P berbagi file, mereka mungkin secara tidak sengaja atau sengaja mentransmisikan worm ke orang lain. Ketika penerima mengklik file untuk membukanya, worm akan diinstal. 


D. Cara Mengatasi Worm?

            Berberapa cara ini dapat mengatasi worm, setidaknya ini membantu :

  • Install antivirus yang dapat memindai dan membersihkan sistem Anda dari virus worm. Pastikan antivirus yang Anda gunakan selalu terupdate agar dapat mengenali dan menghapus virus worm terbaru.

  • Matikan koneksi internet Anda. Virus worm dapat menyebar melalui jaringan dan internet, jadi dengan mematikan koneksi internet, Anda dapat mencegah virus worm untuk menyebar ke komputer lain atau server.

  • Scan dan hapus file-file yang terinfeksi. Jika antivirus tidak dapat membersihkan file yang terinfeksi virus worm, Anda bisa mencoba untuk menghapus file tersebut secara manual. Pastikan Anda sudah melakukan backup terlebih dahulu sebelum menghapus file.

  • Aktifkan fitur Firewall di sistem Anda. Firewall dapat membantu mencegah virus worm untuk masuk ke dalam sistem Anda.

  • Update sistem operasi dan perangkat lunak yang digunakan. Update sistem operasi dan perangkat lunak secara teratur dapat membantu melindungi sistem dari serangan virus worm terbaru.

  • Jangan membuka email atau lampiran yang mencurigakan. Virus worm sering disebarkan melalui email atau lampiran, jadi pastikan Anda tidak membuka email atau lampiran dari sumber yang tidak dikenal.

  • Batasi akses administrator. Hal ini dapat membantu mencegah virus worm untuk mengambil alih kendali sistem.

        Akhir Kata : Sekian aja ges, buat worm. File worm memanglah bahaya, untuk itu selalu pastikan jika kamu mendownload sebuah file pastikan untuk mengecek file tersebut apakah aman atau tidak. 

        Dan Hei, Sekarang Penting Literasi Udah Ada Kotak Respon Loh... 

        Caranya klik menu navbar diatas, dan tekan respon. Kamu akan dialihkan dan silahkan buat apa yang ingin kamu sampaikan! 

Terimakasih tetaplah semangat dalam mencari ilmu karena LITERASI ITU PENTING!!

Posting Komentar

0 Komentar