Topologi Jaringan | Macam - macam Topologi Jaringan!

A. Apa itu Topologi Jaringan? 

Topologi Jaringan adalah hal-hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link,dan station.


B. Macam-macam Topologi Jaringan 

1. Topologi Star / Topologi Bintang, Berupa konversi dengan titik pusat node tengah yang akan menyambungkan kesetiap node/client yang terhubung. Topologi ini sering ditemui dijaringan LAN. 


 

 

2. Topologi Ring, Topologi berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada Topologi cincin, masing-masing titik/node berfungsi sebagai repeater yang akan memperkuat sinyal disepanjang sirkulasinya.

 


 

 

3. Topologi Bus, adalah jalur transmisi ketika sinyal diterima dan dikirimkan pada setiap alat (device) yang tersambung pada satu garis lurus.

 


 

 

 

4. Topologi Mesh, adalah suatu bentuk hubungan antar jaringan dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkaat yang dituju (dedicated links).

 


 

 

5. Topologi Tree, adalah kombinasi karakteristik antara topologi bintang dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung.

 


 

 

6. Topologi linear adalah jenis topologi yang dibuat dari hasil perluasan dari topologi bus, dimana kabel utama pada jaringan ini akan dihubungkan dengan setiap titik yang ada komputer dengan menggunakan T Connector. Karena jaringan ini merupakan perluasan dari topologi bus, membuatnya memiliki layout yang cukup umum yang membentuk runtutan komputer sehingga topologi ini juga disebut dengan topologi runtut.

 


 

Posting Komentar

0 Komentar